Label

Kamis, 07 Januari 2010

bakat

Ada berbagai pengertian tentang bakat yang tergambar dari berbagai definisi berikut :

Encarta : Ability, Somebody with an exceptional ability berarti kemampuan, seseorang yang memiliki kemampuan yang berbeda

Umum : Kemampuan yang unik dari seseorang

Gallup (2001) : Pola pikiran, perasaan dan perilaku yang berulang ulang dan dapat meningkatkan produktivitas

Kalau dilihat berbagai definisi diatas, dapat dikatakan bahwa disini ada dua kelompok yang berbeda yaitu yang pertama bakat itu hanya dimiliki oleh beberapa orang tertentu sedangkan yang kedua [Gallup] mengisyaratkan bahwa semua orang memiliki

BAKAT
• Bakat adalah semua kesanggupan-kesanggupan yang dapat diwujudkan. Kesanggupan itu sendiri tidak dapat diamati. Dengan mengamati prestasi, perilaku dapat diambil kesimpulan tentang suatu bakat tertentu.
• kelebihan / keunggulan alamiah yang melekat pada diri kita dan menjadi pembeda antara kita dengan orang lain




• Bakat adalah semua kesanggupan-kesanggupan yang dapat diwujudkan. Kesanggupan itu sendiri tidak dapat diamati. Dengan mengamati prestasi, perilaku dapat diambil kesimpulan tentang suatu bakat tertentu.

• kelebihan / keunggulan alamiah yang melekat pada diri kita dan menjadi pembeda antara kita dengan orang lain

• Susunan saraf sebenarnya merupakan bagian dalam yang halus daripada jasmani manusia, mempunyai fungsi psikis, mengatur segala gerak jasmaniah didalam suatu kehidupan perilaku.

• Susunan pokok saraf manusia terdiri atas dua bagian, yaitu susunan saraf pusat dan susunan saraf tepi. Susunan saraf pusat terdiri atas otak, sumsum tulang belakang dan sumsum penyambung. Sedangkan susunan saraf tepi terdiri atas saraf lingkar atau putaran kedalam, yaitu saraf yang berfungsii menyampaikan rangsang-rangsang dari luar ke otak. Dan yang keduanya adalah saraf lingkar keluar, yaitu saraf yang mempunyai fungsi menyampaikan gerak dari otak ke bagian tepi jasmaniah.

• Otak besar terdiri atas dua bagian yang meliputi lapisan pembungkus dan isinya. Lapisan pembungkus daripada otak itu berwarna kelabu dan mempunyai fungsi untuk menyiimpan esan dan untuk memunculkan kesadaran dari suatu peristiwa. Sedangkan isi dari otak besar berwarna putih dan mempunyai fungsi untuk menghubungkan suatu gambaran dari apa yang di indera oleh individu.
• Otak kecil yang letaknya berada di bagian belakang agak ke bawah dari otak besar berfungsi sebagai penghubung dan pengatur gerak perilaku manusia. Sumsum penyambung antara otak dan sumsum tulang belakang berfungsi sebagai penyelenggara pekerjaan-pekerjaan daripada panca indera.

• Adapun fungsi sumsum tulang belakang adalah untuk menyampaikan rangsang yang datang dari otak menuju ke bagian-bagian tepi tubuh atau panca indera dan juga sebaliknya untuk menyampaikan perangsang yang berasal dari panca indera atau dari bagian-bagian tepi tubuh menuju ke otak. Selain daripada itu sumsum tulang belakang tersebut berfungsi untuk gerak refleks.


• Unsur-unsur luar atau unsur tepi jasmaniah yang paling nampak adalah alat indera dan yang merupakan pintu gerbang dari berbagai rangsang luar serta pemberi petunjuk dari gerak individu dalam keseluruhannya.


Dr. Sternberg, pakar Psikologi dari Yale University (Practical Intelligence, John Meunier, Fall, 2003)). Selama bertahun-tahun mengkaji kemampuan manusia, ia berkesimpulan bahwa kemampuan manusia itu bukanlah sebuah kemampuan yang sifatnya sudah baku pada satu bentuk atau titik tertentu (not fixed ability), tetapi sebuah kemampuan yang sifatnya terus berkembang (developing abilities).
Menurut Thomas Amstrong dan howard gardner
“bakat manusia bisa muncul dalam berbagai bentuk.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar